Kebutuhan peserta didik dalam mengetahui, menghayati, dan mengaplikasikan hasil pembelajaran yang bermakna sering terkendala karena setiap mata pelajaran memiliki proyek dan target pembelajaran tersendiri. Beban peserta didik juga semakin bertambah berat dan melelahkan karena masing-masing guru menuntut berbagai tagihan kompetensi yang harus dikerjakan secara mandiri.
Dalam situasi seperti ini, dibutuhkan sebuah model pembelajaran inovatif berupa proyek kolaborasi antarmata pelajaran yang dapat mengurangi beban kerja peserta didik tetapi tetap mencapai tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Untuk mendukung hal tersebut, Direktorat SMA menyusun 4 buku pembelajaran dan penilaian proyek kolaborasi yang bisa diunduh pada tautan berikut:
e-Modul Pembelajaran | SMAN 2 TANJUNG SELOR (smandatase.sch.id)
1. Pembelajaran dan Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPA di SMA
2. Pembelajaran dan Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPS di SMA
3. Pembelajaran dan Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran pada Rumpun IPA dan IPS di SMA
4. Pembelajaran dan Penilaian Proyek Kolaborasi Antarmata Pelajaran di SMA
Pada praktiknya, kolaborasi ini memerlukan komunikasi antar guru mata pelajaran, peserta didik, dan kebijakan sekolah untuk mendukung keterlaksanaan pembelajaran kolaborasi. Diterbitkannya e-book ini diharapkan dapat membantu peserta didik baik dari segi waktu, pemahaman konsep, maupun menghubungkan materi antarmata pelajaran. Selain itu, melalui e-book ini guru diharapkan dapat menambah wawasan untuk saling mengaitkan materi dengan mata pelajaran yang lain.
#MerdekaBelajar
#KurikulumMerdeka
Direktorat SMA, Ditjenpaudikdasmen
Jadilah yang pertama berkomentar di sini